Pendahuluan
C
adalah bahasa yang standar artinya suatu program yang ditulis dengan versi
bahasa C tertentu akan dapat di kompilasi dengan versi bahasa C yang lain
dengan sedikit modifikasi. Bahasa C tersedia hamper disetiap jenis computer,
Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan didukung dengan pustaka yang banyak.
Melalui praktikum C, diharapkan mahasiswa dapat merasakan kemudahan dan
kelebihan dalam membuat suatu program. Modul Bahasa C berisi tentang pengertian
bahasa C, kemudian diawali mulai dari awal penulisan program, fungsi – fungsi
input dan output bahasa C hingga dihasilkan output dari program tersebut.
sejarah
Akar
dari bahasa C adalah BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun
1967. Selanjutnya bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson, yang kemudian
mengembangkan bahasa yang disebut bahasa B pada tahun 1970. Perkembangan
selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun
1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc. (sekarang adalah AT&T Bell
Laboratories). Bahasa C pertama kali digunakan di computer Digital Equipment Corporation
PDP-11 yang menggunakan system operasi UNIX. C adalah bahasa standar, artinya
suatu program ditulis dengan versi bahasa C tertentu akan dapat dikompilasi
dengan versi bahasa C yang lain dengan sedikit modifikasi. Kepopuleran C
membuat versi-versi yang banyak untuk komputer mikro. Untuk menstandarisasikannya
maka dibentuk komite pada tahun 1983 yang menetapkan standar ANSI untuk bahasa
C. Hingga saat ini penggunaan bahasa C telah merata di seluruh dunia. Hampir
semua perguruan tinggi di dunia menjadikan bahasa C sebagai salah satu mata
kuliah wajib. Selain itu, banyak bahasa pemrograman populer seperti PHP dan
Java menggunakan sintaks dasar yang mirip bahasa C.
Tipe Data
Bahasa
C menyediakan 5 macam tipe data dasar, yaitu tipe data integer (numerik bulat
dideklarasikan dengan int), floating point (numerik pecahan ketepatan tunggal
dideklarasikan dengan float), double precision (numerik pecahan ketepatan ganda
dideklarasikan dengan double), karakter (dideklarasikan dengan char) dan kosong
(dideklarasikan dengan void). Untuk int, float, double dan char dapat
dikombinasikan dengan pengubah (modifier) signed, unsigned, long, short,
maka hasilnya menjadi
seperti
pada tabel berikut.
Variabel
Variabel merupakan suatu nama yang menyatakan tempat dalam
memori computer yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilainya dapat
berubah – ubah ketika program dieksekusi.
Misalnya :
panjang = 5;
lebar = 4;
Luas = panjang * lebar;
Panjang,lebar dan Luas merupakan variabel. Nilai variabel
tersebut telah dideklarasikan dengan nilai panjang adalah 5,nilai lebar adalah
4 dan nilai Luas adalah nilai panjang dikalikan dengan nilai lebar. Jika
dihitung secara matematis panjang * lebar adalah 4 x 5 = 20. Maka selanjutnya
ketika program dieksekusi nilai Luas = 20. Hal ini berbeda dengan persoalan
berikut ini :
….
Int alas,tinggi,Luas;
cout<<“masukkan nilai alas : ”;
cin>>alas;
cout“masukkan nilai tinggi : ”;
cin>>tinggi;
Luas = alas * tinggi;
cout<<“luas segitiga adalah ”<<Luas);
….
Maka dapat kita selidiki jika nilai variabel alas, tinggi dan
Luas tidak didefinisikan terlebih dahulu melainkan menunggu input dari user.
Jadi nilai tersebut tergantung pengguna yang mengisikannya. Jika program tersebut
dijalankan maka user diminta untuk memasukkan nilai alas dan tinggi. Seperti
berikut ini dialognya :
masukkan nilai alas : _ (selanjutnya , setelah kita masukkan
nilai alas akan muncul lagi pertanyaan)
masukkan nilai tinggi : _
Misalnya : jika kita masukkan nilai alas = 12 ,kemudian masukkan
nilai tinggi = 10 maka selanjutnya program akan menghitung nilai variabel yang
telah kita masukkan dengan parameter Luas = alas * tinggi, maka jika dihitung
secara matematis 12 x 10 = 120. setelah penghitungan selesai selanjutnya
program akan menampilkan luas segitiga adalah 120.
Konstanta
Setelah kta mempelajari variabel selanjutnya konstanta. Kalau
variabel nilainya bisa berubah – ubah sebaliknya ,nilai konstanta atau literal
tetap dan tidak bisa ber ubah – ubah. Dari contoh program peng hitung
Luas Segi empat :
…
Int panjang,lebar,Luas;
panjang = 5;
lebar = 4;
Luas = panjang * lebar;
cout<<“luas persegi panjang = <<Luas;
…
Angka 5 dan 4 bisa disebut konstanta atau literal, karena jika program
dijalankan nilainya sekarang atau nanti akan tetap 20. Hal ini berbeda dengan
penghitung Luas segitiga yang nilai alas dan tingginya tidak dideklarasikan
secara langsung:
….
Int alas,tinggi,Luas;
cout<<“masukkan nilai alas : ”;
cin>>alas;
cout“masukkan nilai tinggi : ”;
cin>>tinggi;
Luas = alas * tinggi;
cout<<“luas segitiga adalah ”<<Luas);
….
Pada program tersebut variabel tidak di isi nilai tetap
(konstan) yang nantinya program akan menghitung nilanya tergantung kita
memasukkan berapa. Selain itu kita bisa menulis konstanta dengan menggunakan const
,maka panjang = 5; bisa menjadi const panjang = 5;konstanta seperti ini bisa diterapkan pada program penghitung
lingkaran atau program lain yang mempunyai nilai tetap seperti yang mempunyai nilai 3.142857142857143
dibulatkan menjadi 3,14
Fungsi Input
Fungsi-fungsi pustaka yang digunakan untuk
memasukkan data melalui keyboard, prototypenya ada di file judul
stdio.h dan conio.h. Fungsi-fungsi yang menggunakan file judul stdio.h
yaitu gets() dan scanf(). Sedangkan fungsi yang menggunakan file
judul conio.h, yaitu getche(), getchar(), dan getch().
Fungsi Output
Prototype dari fungsi-fungsi untuk menampilkan
hasil terdapat pada file judul stdio.h bersifat standar yaitu
putchar(), puts(), printf(), printf() dan conio.h bersifat tidak standar, dalam arti tidak
semua kompiler C menyediakan yaitu clrscr(),
gotoxy().
Tidak ada komentar:
Posting Komentar